radf-okin

Friday, November 09, 2007

makalah

1. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Teknologi bukan hal yang baru di dunia perpustakaan dewasa ini, aplikasi teknologi di perpustakaan bukan hal yang tidak mungkin lagi apalagi taknologi informasi. Dukungan teknologi informasi di perpustakaan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas perpustakaan, baik dari pelayanan hingga manajemen organisasi.

Masyarakat semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi informasi. Hal ini menyebabkan tingkat kebutuhan akan informasi semakin tinggi dan semakin sibuk serta semakin tinggi tingkat mobilitasnya, masyarakat semakin tergantung dengan taknologi informasi dalam membantu kegiatannya. Kebutuhan akan informasi juga akan semakin tinggi dengan tingkat mobilitas masyarakat. Mahasiswa yang merupakan bagian dari masyarakat, tidak terlepas dari pengaruh teknologi informasi yang sangat mendukung dalam kegiatan akademiknya.

Teknologi seluler semakin berkembang dan memanjakan pengguna. Sebagian besar masyarakat menggunakan teknologi seluler untuk keperluan komunikasi, baik dengan keluarga, teman atau rekan bisnis. Kemajuan teknologi dewasa ini lebih berorientasi kepada pengguna.

Perpustakan sebagai salah satu pusat informasi di masyarakat, memiliki informasi yang potensial untuk kebutuhan masyarakat penggunanya. Perpustakaan perguruan tinggi memiliki karakter penggunanya dari kalangan mahasiswa, akademik, dan staff universitas, harus memiliki strategi yang baik agar informasi yang dimilikinya dapat tersalurkan kepada pengunanya. Dalam penyalurannya dapat menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan karakter dari pengguna.

Salah satu alat bantu temu kembali koleksi di perpustakaan adalah menggunakan katalog. Di dalam katalog terdapat informasi mengenai koleksi yang dicari,mulai dari judul sampai lokasi tempat koleksi diletakkan. Dengan penggunaan teknologi katalog tidak saja berbentuk kartu dan tersusun di rak katalog, tetapi dapat berupa katalog online baik dengan menggunakan computer atau dengan teknologi seluler.

UNAIR merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia bagian timur, memiliki perpustakaan yang memiliki koleksi yang memadai dan cukup baik sebagai sontoh penerapan teknologi katalog menggunakan teknologi seluler atau Katalog Mobile berbasis WAP menggunakan PHP dan MySQL. Penggunaan bahasa PHP dan database MySQL merupakan paduan yang umum di kalangan pemrogram. Teknologi WAP(Wireless Aplikasi Protokol) ditujukan untuk aplikasi menggunakan teknologi seluler baik berupa telepon genggam (handphone), PDA(Personal Data Assistant), atau laptop yang terkoneksi dengan internet.

Sebagian besar mahasiswa memiliki perangkat seluler baik berupa telepon genggam (handphone), atau PDA sehingga penerapan aplikasi Katalog Mobile berbasis WAP menggunakan PHP dan MySQL dapat dengan mudah diterapkan, dengan syarat sudah mendukung teknologi GPRS/WAP.

Dengan penggunaan teknologi katalog mobile bebasis WAP menggunakan PHP dan MySQL dapat meiningkatkan temu kembali koleksi dan kemudahan dalam mengakses katalog di mana pun dan kapan pun oleh penggunanya. Teknologi ini juga membantu dalam efeksifitas di perpustakaan, tidak harus antri di katalog online (OPAC) atau di rak katalog. Teknologi ini juga memungkinkan pemesanan koleksi lewat katalog mobile, dan mengatahui status dari koleksi yang ada, apakah terpinjam atau tidak.

1.2. Perumusan masalah

Bagaimana merancang dan membuat sistem aplikasi katalog mobile berbasis WAP menggunakan PHP dan MySQL.

1.3. Batasan masalah

¨ Sistem aplikasi WAP tersebut dibuat dan disimulasikan menggunakan emulator Openwave

¨ Bahasa pemrograman yang digunakan HTML, PHP, WML

¨ Database yang digunakan MySQL

¨ Pada sistem aplikasi tersebut tidak dibahas tentang sistem keamanan, sistem keamanan hanya sebatas pada login.

1.4. Tujuan

· Dapat membantu perpustakaan dlam pemanfaatan taknologi informasi

· Dapat merancang dan membuat sistem aplikasi Katalog Mobile berbasis WAP menggunakan PHP dan MySQL

· Dapat memanfaatkan teknologi WAP

· Memudahkan mahasiswa dalam mengakses katalog dari manapun, kapan pun, menggunakan taknologi seluler

· Meningkatan ketepatan dan temu kembali koleksi

2. Landasan teori

2.1 M- commerce

Pada dasarnya M-commerce sama dengan E-commerce, hanya beda peralatan yang digunakan, E-commerce menggunakan jaringan telepon untuk bisa mengakses. Pengerrtian M-commerce meliputi suatu cakupan yang luas dari proses bisnis interaktif yang terjadi sebelum dan setelah transaksi penjualan yang sesungguhnya. Pengertian lainnya yaitu memusatkan atas kemungkinan transaksi bisnis melalui wierless devices(Simmarmata,2006).

2.2. WAP (Wireless Application Protocol)

WAP merupakan suatu protokol untuk membuat aplikasi wireless yang memberikan bagi pengguna peralatan bergerak / mobile device (telepon seluler) untuk mengakses ke intenet.

WAP adalah standar industri yang dikembangkan oleh sekelompok pabrik telekomunikasi, operator telekomunikasi, perusahan-perusahan software dan penyedia layanan(Simmarta,2006). WAP merupakan suatu standar protokol yang dibuat untuk mengatasi keterbatasan dari wireless devices seperti telepon seluler dan PDA.

Bertujuan untuk mendifisinikan standar untuk komunikasi internet pada alat yang mempunyai wujud yang sama dengan telepon seluler. Dengan kata lain WAP merupakan suatu protokol internet yang hanya dapat bekerja pada telepon seluler yang memiliki teknologi WAP.

Dalam pemrogramannya digunakan WML dan WMLScript, dimana untuk WML adalah suatu bahasa Markup yang digunakan untuk menjalankan script yang terdapat pada WML.

2.3. Database MySQL

Menggunakan database mysql dikarenakan cepat, mudah untuk digunakan (easy-to-use), dan sebagai sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang digunakan untuk database pada beberapa web site. Mysql merupakan suatu database pupoler dengan pengembang Web (Web Developer)

MySQL menggunakan bahasa standart SQL (Structure Query Language) sebagai bahasa intertaktif dalam mengelola data.

. Keungulan database mysql antara lain(Simmarta,2006):

¨ Cepat. Tjuan utama dari pengembangan MySQL adalah kecepatan, sebagai konsekuensi software yang dirancang untuk kecepatan.

¨ Tidak mahal. MySQL adalah Cuma-Cuma dibawah liusensi GPL (General Public Licence) open source, sementara pembiayaan untuk licensi komersialnya sangatlah pantas.

¨ Mudah digunakan. Dapat membangun dan berinteraksi dengan database MySQL hanya dengan sedikit pernyataan (statement) sederhana dalam bahasa SQL, yang menjadi bahasa standar untuk komunikasi dengan RDBMS (relation database majement system).

¨ Dapat berjalan pada beberapa sistem operasi. MySQL berjalan pada sistem yang beragam, seperti Windows, Linux, Mac OS, kebanyakan variasi Unix(termasuk Solaris, AIX, dan DEC Unix), FreeBSD, OS/2, Irix, dan lainnya.

¨ Dukungan teknis secara luas tersedia. MySQL menyediakan dukungan secara Cuma-Cuma untuk pengguna via mailing list. Pengembang MySQL juga berpatisipasi di dalam email list, dan juga dapat membeli dukung teknios dari MySQL AB.

¨ Aman. MySQL adalah sistem otorasi8 flelsibel yang mengijinkan beberapa atau semua privilege database.

¨ Mendukung database yang besar. MySQL mendukung database sapai 50 juta baris atau lebih. Batasan ukuran file secara default untuk tabel adalah 4GB, tetapi dapat dinaikkan hingga 8 TB (terabytes) jika sistem operasi mendukung.

2.4. PHP

PHP adalah bahasa yang dirancang khusus untuk pengguaan pada Web. PHP (HyperText Preprocessor) yang pada awal pengembangannya oleh Ramus Lerdorf, disebut sebagai Tools Personal HomePage (Arbi,2004). Sintaks bahasa PHP sama seperti sintaks C, hanya lebih sederhana dan dirancang utnuk program Web sites. PHP memproses seluruh perintah yang berada dalam skrip PHP didalam web server dan menampilkan outputnya ke dalam web broser klien yang berupa HTML ataupun output lainnya sesuai dengan kenginan pemrogram.

Keunggulan dari PHP antara lain(Arbi,2004):

¨ Cepat. Karena ditempelkan (embedded) di dalam kode HTML, sehingga waktu tanggap menjadi pendek.

¨ Tidak mahal (gratis). Pada kenyataannya PHP adalah gratis dan bisa mendapatkan tanpa harus membayar (freeware)

¨ Mudah digunakan. PHP berisi beberapa fitur khusus dan fungsi yang dibutuhkan untuk membuat halaman Web dinamis. Bahasa PHP dirancang untuk dimasukan dengan mudah di dalam file HTML.

¨ Berjalan pada sistem operasi. PHP dapat berjalan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan kebanyakan variasi dari Unix.

¨ Dukungan teknis tersedia secara luas. Pengembang PHP menyediakan dukungan gratis via meiling list.

¨ Aman. Pengguna tidak akan melihat kode PHP, karena kode yang ditampilkan pada browser adalah kode HTML.

¨ Dirancang untuk mendukung database. PHP meliputi kemampuan yang dirancang untuk berinteraksi dengan database tertentu.

¨ Customizable. Lisensi open source sehingga mengijinkan para pemrogram untuk memodifikasi software PHP ssesuai kebutuhan.

TABEL Statistik penggunaan bahasa pemrograman (Syafii,2005:12)

2.5. HTML (Hypertext Markup Language)

HTML adalah bahasa pendiskripsi halaman yang menciptakan dokumen-dokumen hypertext atau hypermedia. HTML memasukkan kode-kode pengendali dalam sebuah dokumen pada berbagai poin yang dapat anda spesifikasikan, yang dapat menciptakan hubungan (hyperlink) dengan bagian lain dari dokumen tersebut atau dokumen lain yang berada di World Wide Wieb (www)(Simmarta,2006).

2.6. WML (Wireless Markup Language)

WML adalah bahasa markup yang didasarkan pada Exstensible Markup Language (XML) (Didik,2005). WML dirancang untuk antar muka penggua dan menampilkan isi pada wireless devices seperti telepon seluler, pda, dan pager.

WML memiliki fitur tambahan yang baru untuk menyesuaikan diri dengan keterbatasan jaringan wireless, antara lain (Simmarta,2006):

¨ WML dan WMLScript adalah binari yang disandikan sebelum dikirim ke pengguna untuk memperkecil kketerbatasan bandwith.

¨ WML mampu menyembunyikan skrip halaman WML dan layanan utnuk validasi waktu tertentu utnuk memperkecil roud trips pada WAP server.

¨ Struktur dokumen HTML diubah untuk menyediakan navigasi yang cepat antar halaman tanpa adanya pembuatn akses ke server.

¨ Elemen WML dapat dengan mudah diimplementasikan juga dengan keybord yang kecil.

¨ WML dan WMLScript memiliki sekumpulan batasan fungsionalitas sehingga memungkinkan micro browser itu tidak membutuhkan memori yang banyak atau tenaga komputasional.

Keuntungan hubungan PHP dan MySQL

MySQL dan PHP jika dipasangkan akan didapat beberapa keuntungan, antara lain:

¨ Gratis. Efektif biaya (freeware)

¨ Berorintasi Web (web-orinted). Keduanya dirancang khusus untuk penggunaaan Web sites, dan memiliki berbagai filtur untuk pembangunan Web sites dinamis.

¨ Mudah digunakan. Keduanya dirancang utnuk membangun Web site dengan cepat.

¨ Cepat. Keduanya dirancang dengan kecepatan sebagai tujuan utama, menyediakan salah satu cara kecepatan utnuk mengirimkan halaman Web ke pengguna.

¨ Saling berkomunikasi. PHP memiliki filtur-filtur built-in utnuk komunikasi dengan MySQL.

¨ Dukungan luas tersedia. Keduanya berdasar pada pengguna yang besar, sering digunakan bersama-sama, dan banyak orang yang bersedia membantu dalam mailing list, siapa saja yang berpengalaman mengunakan MySQL dan PHP.

¨ Customizable. Keduanya open source, sehingga mengijinkan pemrogram memodifikasi software PHP dan MySQL pada lingkungan yang cocok untuk mereka sendiri.

2.7. Katalog

Katalog merupakan alat bantu dalam temu kembali suatu koleksi bahan pustaka. Isi dari katalog pada suatu perpustakaan berupa data diskripsi dari koleksi yaitu judul, nama pengarang, kolasi, no rak, subjek, dan sebagainya. Fungsi dari katalog bagi pengguna perpustakaan adalah sebagai rujukan tempat koleksi yang dicari.

Menurut Sulistyo Basuki, katalog adalah daftar buku dalam sebuah perpustakaan atau dalam sebuah koleksi. Tujuan dibuatnya katalog sebagai berikut

· Memungkinkan seseorang menemukan sebuah buku yang diketahui berdasarkan pengarang, judul atau subjek.

· Menunjukkan buku yang dimiliki oleh perpustakaan

· Oleh pengarang tertentu

· Berdasarkan subjek tertentu

· Dalam jenis literatur tertentu

· Membantu dalam pemilihan buku

· Berdasarkan edisinya

· Berdasarkan karakternya

Untuk layar kecil pada telepon seluler yang terbatas dalam menampilkan karakter dan objek, isi dari katalog dapat berupa hal-hal pokok saja, yaitu judul, nama pengarang, tahun terbit, jumlah halaman, jumlah ekslempar, no rak (DDC), data pesanan, sehingga muat di layar telepon seluler.

3. Metode penelitian

3.1. Survei

Mengamati cara kerja mobile katalog di perpustakaan yang telah menerapkan, yaitu di perpustakaan Universitas Pembangunan Negara ’Veteran’ Surabaya.

3.2. Studi literatur

Membaca dari buku-buku tentang WAP, PHP, MySQL, dan yang berhubungan dengan mobile devides.

3.4. Analisis hasil uji coba

Analisis sistem dapat diidentifikasikan sebagai penguaraian dari suatu sistam informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diberikan sehingga dapat diusulkan perbaikan oleh pengguna.

Dengan metode kuisioner dan wawancara dengan sampel didapat data untuk merevisi dari program Katalog Mobile ini sehingga dapat dilakukan perbaikan. Responden akan diberi daftar pertanyaan sesudah mencoba aplikasi Katalog Mobile berbasis WAP menggunakan PHP dan MySQL mengenai program tersebut dan sedikit wawancara jika diperlukan. Hasil data akan dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik.

4. Perancangan

· Membuat sistem flow

· Merancang dan membuat data flowdiagram (DFD)

· Merancang dan membuat Entity Relationship Diagram (ERD)

5. Implementasi

· Pembuatan database

· Pembuatan program dengan WAP, PHP, HTML.

6. Sampel

Pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling, dikarenakan jumlah sampel sudah diketahui. Contoh kasus di Unversitas Pembangunan Nasional ’Veteran’ Surabaya.

7. Instrumen pengumpul data

Memanfaatkan teknologi WAP serta emulator atau browser yang digunakan untuk menampilkan hasil rancang bangun aplikasi.

8. Validasi instrumen

Pengujian terhadap sistem yang telah dibuat untuk memastikan validasinya.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suhartini.2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Prasetyo, Didik Dwi. 2005. Aplikasi Web mobile Menggunakan ASP.NET. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arbie. 2004. Manajemen Database dengan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Rickyanto, Isak. 2003. Membuat aplikasi Web dengan ASP.NET. Jakarta: Elek Media Komputimdo.

Simmarmata, Janner. 2006. Aplikasi Mobile Commerce menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta ANDI.

Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Syafii, Muhammad. Panduan Membuat Aplikasi Database dengan PHP5 MySQL PostgreSQL. Yogyakarta: ANDI.

Kadir, Abdul. 2002. Penuntun praktis Belajar SQL.Yogy akarta: ANDI.

1 Comments:

Blogger sentralit.blogspot.com said...

mas kok g dikasi source code nya tho

10:50 PM  

Post a Comment

<< Home